Home > Blogging, Pengalaman SEO, Tips & Trick > SEO Hitam..Hii…seyem..

SEO Hitam..Hii…seyem..

Sebagai blogger pemula, saya terus mempelajari apa yang benar dan salah dalam tiap langkah saya mengarungi kehidupan maya ini. Ada satu harapan yang sangat kuat saya dapat “bercocok tanam” dan sukses “membuka ladang-ladang subur” di tengah belantara yang disebut internet ini.

Sebagai pembelajar pemula, terkadang dalam melangkah, saya masih sering kurang memperhatikan benar-salah, baik-buruk dalam bergaul, especially with thing that netter said as search engine. So, ketika menemukan artikel menarik tentang hitam putihnya SEO, langsung..saya meng-copy-nya. this good article was copied from abibakarblog.com, thanks a lot guys for your warning.

Perjuangan untuk meraih tempat teratas pada search engine result tidak mengenal batasan – baik secara etika maupun teknis. Ada banyak laporan mengenai situs-situs yang dibanned oleh Google dan search engine lainnya baik sementara maupun selamanya, karena malpraktek dan menggunakan ‘black hat’ teknik optimasi SEO. Reaksi dari search engine mudah untuk dimengerti – dengan begitu banyak tipu daya dan penjiplakan yang ditaruh oleh para ahli SEO di gudang mereka, hasil yang di tampilkan oleh search engine akan sama-sekali tidak berhubungan dengan isi dari website.

Dan hal ini membahayakan website tersebut karena beresiko di banned oleh Google. Dan andaipun search engine tidak mendeteksi kecurangan ini, biasanya pesaing anda akan melaporkannya.

Keyword Density atau Keyword Stuffing

Kadang kala seorang ahli SEO melakukan hal diluar batas etika demi mendongkrak situs klien mereka pada posisi teratas dengan menggunakan praktek tidak etis, seperti Keywod Stuffing. Keyword stuffing dianggap sebagai praktek yang tidak etis karena pada dasarnya yang anda lakukan adalah menuliskan keyword sebanyak-banyaknya, yang tidak berhubungan dengan website itu sendiri untuk mengelabui pengguna Search Engine, aktifitas ini sering membuat pengguna SE (Search Engine) kesasar.

Doorway Pages dan Hidden Text

Keyword lain yang umum adalah doorway pages. Sebelum Google memperkenalkan algoritma PageRank, doorway di praktekan secara umum dan saat itu ia tidak dianggap sebagai cara illegal untuk optimasi website. Sebuah halaman doorway adalah sebuah halaman yang dibuat khusus untuk search engine bukan untuk manusia, gunanya untuk mendapat posisi terbaik dalam search engines dan mengelabui pengguna SE untuk mendatangi website tersebut.

Meskipun Keywords masih merupakan cara yang direkomendasikan, namun mengandalkan sepenuhnya pada keywords untuk menentukan posisi terbaik situs anda, adalah salah. Maka halaman doorway bukan cara terbaik untuk mendapat lalu lintas tinggi bagi situs anda, namun jika anda menggunakannya, jangan salahkan Google jika menghukum anda.

Ada sebuah teknik lain yang hampir serupa dengan halaman doorway yakni hidden text, yang tidak tampak pada manusia namun dimasukan kedalam halaman HTML source, untuk mengelabui search engine bahwa halaman tersebut adalah keyword-rich. Sebenarnya, doorway dan hidden text tidak bisa (sulit) jika dikualifikasikan sebagai cara optimasi situs, namun mereka lebih pantas di kualifikasikan sebagai teknik memanipulasi dan mengelabui pengguna Search Engine, dengan konsekuensi situs anda di hukum oleh Google, Yahoo dan MSN.

Isian duplikat (Duplicate Content)

Kandungan (content) website merupakan hal paling utama dalam SEO, namun bukan duplikasi teks/content. Dalam aturan Google, duplikasi teks berarti teks yang sama berada dihalaman berbeda pada situs yang sama. Jika anda melakukan copy-paste sejumlah paragraf dalam satu halaman-kehalaman lain di situs anda, maka jangan tekejut jika rangking situs anda turun. Namun banyak pelaku SEO percaya bahwa teknik menggabungkan teks/content bukan merupakan duplikasi teks dan memang banyak contoh untuk ini.

Jika menggabungkan teks/content di kategorikan sebagai duplikasi teks maka situs agen-agen berita adalah situs yang pertama akan turun rangkingnya pada hasil pencarian search engine. Namun begitu tidak ada salahnya, untuk mengecek jikalau situs anda memiliki isian duplikat dengan situs lain, setidaknya, bisa saja seseorang secara illegal mengkopi isi dari situs anda dan anda tidak mengetahuinya. Similar Page Checker Tool Similar Page Checker dapat membantu anda untuk mengetahui kalau-kalau ada situs lain, yang secara illegal mengkopi isi dari situs anda.

Links Spam

Link Spam adalah masalah utama yang lain dalam SEO tool, seperti SEO tool yang lain, ia dapat digunakan atau disalah gunakan. Walaupun Backlink adalah hal penting (bagi Yahoo! backlink pentingnya sebesar kuantitas isian, sedangkan Google mementingkan dari mana situs-situs backlink itu berasal), memiliki puluhan backlink dari sebuah link farm* atau dari sebuah situs yang telah di backlist sama saja anda minta dihukum oleh Google.

Satu hal lagi, jika outbond links (link yang berada disitus anda untuk menuju situs lain/link orang lain) jumlahnya lebih besar di banding jumlah inbound link (link dari situs lain yang menuju situs anda/link anda), maka anda telah melakukan usaha sia-sia, karena hal ini tidak akan menaikan rangking dari situs anda. Anda dapat menggunakan Domain Stats Tool untuk melihat jumlah backlink (inbound link) pada situs anda dan dapat mempergunakan Site Link Analyzer untuk mengetahui berapa jumlah link yang anda miliki (outbond link).

Menaruh keywoard pada link anda (anchor teks), nama domain, nama folder dan file memang bermanfaat untuk menempatkan posisi anda pada rangking mesin pencarian, namun usaha ini beresiko di hukum oleh Google. Contohnya, jika anda mencoba mengoptimalkan kata “ayu”, misalkan kata ini sering di pilih menjadi keyword dan sebagai keyword dan ungkapan populer, persaingan semakin keras, sehingga anda tidak melihat alternatif lain untuk meraih posisi teratas sehingga membuat domain seperti ini http://ayu-sariayu-ayusari-ayunya.com, sehingga di masukan dengan sejumlah keyword sampai jumlah maksimum, namun ingat – domain anda akan sulit di ingat. Dan kedua – jika isi darinya tidak memuat data seperti nama yang tercantum dalam domain, maka situs anda tidak akan berada pada posisi teratas pada hasil pencarian.

Meskipun nama file dan folder tidak begitu penting di banding nama domain, sekarang dan nanti (namun tidak selamanya) kamu dapat memasukan “ayu” didalamnya dan pada teks panah dari links (anchor text). Ini dianggap baik, menyediakan anchor link bukan sebagai salinan yang disisipi (contohnya jika anda menggunakan “cat_cats_kitten”, sebagai anchor untuk link dari situs internal anchor ini adalah sisipan). Sedangkan anda tidak mempunyai control terhadap bagian ketiga yang ter-link pada situs anda, dan gunakan anchor yang tidak anda sukai, dan hal ini adalah terserah anda untuk melakukan pengecekan periodic, anchor apa yang situs lain gunakan untuk me-link situs anda.

Akhirnya, bagi Google dan search engine lainnya, tidak lah berbeda jika sebuah situs secara sengaja melakukan cara-cara optimasi berlebihan untuk mengelabui search engine, hal ini bisa tergolong hasil dari maksud-maksud yang baik, maka apapun motivasi anda, janganlah lupa untuk memakai cara yang masuk akal dan ingat! jangan melampaui aturan.

Keterangan:

Link farm adalah semacam jaringan antarsitus yang saling memasang link satu sama lain untuk meningkatkan kepopuleran link mereka. Bisa berupa button berukuran 88×31 piksel atau hanya teks yang bisa diklik.

  1. December 10, 2009 at 3:17 pm

    info bagus, makasih ya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: