Home > Membangun Toko Online, Pengalaman SEO > Google Sandbox dan Indeks Google yang Nge-drop

Google Sandbox dan Indeks Google yang Nge-drop

Saya semakin penasaran saja ketika menjumpai jumlah halaman posting saya di kaos-kreatif.com sepertinya semakin menurun dan kini nampak stagnan tak menunjukkan penambahan. Apakah ini yang disebut di banned google dan terkait dengan apa yang disebut google sandbox

Saya kemudian coba mencari akar permasalahan dari nge-dropnya jumlah halaman indeks display produk online saya tersebut, dan saya pun mendapati beberapa tulisan tentang google sandbox. Dari beberapa literatur memberikan argumen yang bervariasi tentang google sandbox. Dari beberapa sumber menyebutkan google sandbox disebabkan antara lain karena melakukan manipulasi SEO untuk mendapatkan top rank dengan cara-cara, antara lain :

  1. Dengan melakukan banyak back link.
  2. Submit / ping artikel berulang-ulang
  3. Melakukan spam indexing
    Ya, intinya kita dianggap memaksa google agar google menjadikan website kita sebagai top rank. Dari tiga indikasi tersebut, mungkin saja ada benarnya toko online saya digolongkan oleh google sebagai situs yang “buru-buru amat sih minta di-indeks dan muncul di top ten google search result, emang siapa sih lo maksa-maksa gue?”.

Bagaimana untuk keluar dari google sandbox?
Ada yang bilang menunggu sampai google menongolkan lagi, tapi kapan google akan memunculkan lagi website yang kena sandbox? Tak ada jawaban pasti.

Daripada menunggu yang tidak pasti lebih baik memuat ulang artikel tersebut dengan link yang berbeda. Dan itupun yang saya lakukan terhadap post saya yang kena google sandbox.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

