Home > Tips & Trick, Virus > Si putih terserang Virus, trojan atau malware lain kah?

Si putih terserang Virus, trojan atau malware lain kah?

Virus, trojan atau malware jenis lain yang kini tengah nginep di laptop saya? ughh..sangat mengganggu rasanya ketika komputer tengah dibutuhkan, saat itu virus, trojan atau malware lainnya menghampiri. sampai saat posting ini diturunkan (ciey.. gaya bahasanya seperti redaktur media dengan skala korporat aja, hehe..) laptop saya masih bermasalah.

Tidak bisa klik kanan, klik kiri, drag, eksekusi program melalui shortcut dengan tekan tombol enter, masuk ke start menu, bahkan eksekusi sistem melalui taskmanager pun ndak bisa, intinya laptop saya tersebut seperti hang….waduh.

Awal ceritanya terjadi setelah saya mendownload program Facebook Friend Boomber, setelah coba install, eh..hasilnya, si putih (laptop saya) jadi…hiks..hiks…huaaaa…

Sampai kemudian saya temukan resep, yang sebenarnya saya tidak tahu pasti apakah resep ini mujarab atau tidak dengan kasus yang saya hadapi. Penggalan resep yang saya temukan setelah googling berbunyi seperti berikut:

Akhirnya aku membuka yahoo massengerku untuk mengontak teman di Norway. Beliau orang yang sangat baik, kami sering berbagi suka duka walaupun lewat dunia maya. Sesama bujang lokal yang merantau menuntut ilmu. Dari obrolan itu beliau menanyakan tentang proses yang sedang jalan di task managerku. Benar saja ternyata ada yang ganjil dengan proses yang sedang berjalan. Disitu tidak ada explorer.exe yang sedang berjalan. Temanku menyarankan untuk mengganti explorer.exe dengan explorer.exe miliknya. Akhirnya aku mendownload dari websitenya 5 buah file yang berhubungan dengan explorer (beserta ukurannya untuk XP SP2) :
– explorer.exe 1.0M
– explorer.exe.config 345
– explorer.exe.manifest 601
– explorer.scf 80
– explorer.zip 395K

Setelah tiga hari laptopku berjalan darurat aku memutuskan untuk mencopy file tersebut ke folder windows. Sebelum mencopy aku harus menyingkirkan virus-virus tersebut dari laptopku. Aku putuskan hubunganku dengan avira maupun a square anti malware. Aku ganti dengan AVG (bisa dicari disini) sebagai anti virus dan ad aware (bisa dicari disini) sebagai anti spyware. Entah karena lebih ampuh atau karena memang kedua software ini belum terinfeksi virus karena explorerku sedang mati jadi si virus mikir tidak ada antivirus dan anti spyware yang baru terinstal. Semua control panel dan segala macam lenyap tak menampakkan diri. Akhirnya kedua prajurit itu mampu mengalahkan sejumlah pemberontak yang bercokol di laptopku. Aku menduga bukan karena kemampuan mereka tetapi karena kedua prajurit ini belum terinfeksi jadi bisa menangani virus2 tersebut. Mengenai keampuhan aku rasa sama saja, karena kedua prajurit ini juga prajurit gratisan alias free software.

Setelah semua virus mati, aku copykan kelima file explorer ke windowsku. benar saja begitu file tersebut tercopy, semua yang bersembunyi akhirnya muncul. Start menu, taskbar, icon desktop dan klik mouseku berfungsi dengan baik. Cepat saja aku hampiri kontrol panel karena memang aku dah kangen sama dia. Aku buat new user account supaya sehari-hari aku dapat bekerja dengan setting hanya sebagai limited user (tidak bisa mengubah sistem). Hal ini aku lakukan dengan harapan kalau ada virus menyerang, dia tidak akan dapat mengubah sistemku.

Aku berterimakasih terutama pada kawanku di norway atas bantuan dan copyan file explorernya.

Berikut adalah saranku supaya sedikit berkurang rasa kekhawatiran dan efek buruk yang ditimbulkan oleh virus pada sistem operasi windows:
– Jangan pernah gunakan user account sebagai administrator untuk keperluan sehari-hari (administrator hanya digunakan saat kita akan mengubah sistem atau menambah program dalam windows kita.
– Curigai jika laptop kita lebih lambat dari biasanya.
– Liat dan kenali proses yang berjalan pada proses task manager. Tanyakan arti tiap-tiap proses pada prof Google sebelum komputer kita terkena virus. Catat proses tersebut dalam sebuah dokumen. Jadi kita dapat mengenali proses asing yang jalan di komputer kita yang dapat dicurigai sebagai virus. Matikan proses asing tersebut dan jalankan scaning anti virus kita.
– Gunakan anti spyware dan ingat bahwa anti spyware biasanya tidak auto update (lakukan update manual sesering mungkin dan lakukan scanning secara periodis.
– Jangan pernah gabungkan antara data dan sistem dalam satu drive. Jadi kalo system terkena virus data dengan mudah dibackup dan di install ulang systemnya.
– Matikan autorun flashdisk karena berpotensi menularkan virus.
– Hidupkan auto update windows, ini akan membantu update keamanan windows.
– Jangan tergesa-gesa melakukan iinstal ulang. Pergunakan cara yang aku ceritakan di atas untuk kasus serangan virus yang serupa. Untuk serangan virus yang tidak sampai menghapus file explorer bisa dilakukan scanning dengan anti virus yang ada di hardisk. Jika ini gagal maka matikan real time protection antivirus tersebut dan coba scan dari CD dengan antivirus yang dapat berjalan langsung tanpa di install seperti PCMAV.
– Kalau PC akan lebih mudah dengan melepas hardisk dan membuat hardisk tersebut sebagai slave dan di scan dari PC lain.
– Mempunyai dua sistem operasi dalam satu komputer atau laptop juga berguna, satu sistem operasi digunakan hanya pada kondisi darurat untuk melakukan scanning saat sistem operasi lainnya terkena virus
– Saatnya beralih ke sistem operasi open source karena keamanannya yang lebih terjaga.
Langkah preventif dan kehati-hatian kita akan dapat meminimalkan akibat yang ditimbulkan oleh virus. Mengatasi virus yang sudah menjangkiti komputer kita memang sangat menyita waktu.

Ditulis oleh:
Dhidik Prastiyanto

Categories: Tips & Trick, Virus Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: