Home > Blogging, Pengalaman SEO > Cari Sitemap generator yang Lebih Baik

Cari Sitemap generator yang Lebih Baik

Peran sitemap pada popularitas blog atau situs terbukti cukup signifikan, saya membuktikannya sendiri. Pada blog http://kaos-kreatif.com yang saya bangun, awalnya saya menggunakan plugin Google XML Sitemaps sebagai generator sitemap.

Keandalan sitemap gnenerator tersebut diantaranya adalah kemampuan men-generate sitemap secara periodik sesuai setting yang kita tetapkan pada aktivasi plugin tersebut pada halaman dashboard blog wordpress (non-free hosting ya…) kita, bisa generate sitemap bulanan sampai harian pun terakomodir. Kelebihan lainnya dari sitemap generator ini adalah kemampuan memberikan notifikasi secara otomatis saat terjadi update sitemap dari blog kita kepada beberapa mesin pencari seperti google, Ask.com, Bing (MSN) serta yahoo.

Dibalik keunggulan-keunggulan sitemap generator tersebut, saya merasakan adanya kekurangan –sampai dengan posting ini saya tulis—antara lain:

ketidakmampuan sitemap generator tersebut men-generate halaman-halaman statis | static page pada blog saya. Padahal, jikasaja sitemap generator tersebut mampu men-generate seluruh posting yang tampil di halaman home maupun yang saya tempatkan sebagai static page, maka jumlah links blog saya yang ter-crawled mesin pencari juga semakin banyak.

Dari pengalaman di atas, terjawablah sudah prasangka awal saya terhadap mesin pencari google, yang mulanya saya kira kerja spider bot google terkesan lambat meng-indeks seluruh halaman blog saya, yang sedianya sudah saya setting se-url friendly mungkin🙂

Tanpa putus asa, saya pun googling, dan dapat masukan baru untuk mencoba sitemap generator baru, Dagon Design Sitemap Generator. Cara installnya mudah saja, copy-kan dan ekstrak file plugin Dagon Design Sitemap Generator tersebut dalam direktori wp-conten/plugin wordpress kita, dan aktifkan plugin tersebut melalui dasboard, setting sedikit dan untuk menampilkan sitemap blog sebagai sebuah page tersendiri maka buatlah page baru dengan judul page: sitemap misalnya. Pastikan anda mengetik body page dalam mode html, ingat bukan mode visual, ketikkan kode berikut

<!-- ddsitemapgen -->

sekali lagi hanya ketikkan kode di atas, tidak lebih tidak kurang dan simpan lalu publishlah. Kemudian lihat hasilnya, static page blog kita-pun turut ter-generate sebagai bagian sitemap blog🙂

  1. December 15, 2009 at 5:14 pm

    nice info.
    Thank for share.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

