Home > Kuliner > Tak Ada Parcel, Dodol Betawi-pun Bikin Lebaran Tak Kurang Afdol

Tak Ada Parcel, Dodol Betawi-pun Bikin Lebaran Tak Kurang Afdol

Dodol betawi, makanan khas masyarakat betawi | jakarta yang banyak kita jumpai menjelang tiap lebaran | idul fitri. Emang sih bukan cuma lebaran, tiap kali ada warga –asli—betawi hendak “punya hajat” biasanya makanan ini, dodol betawi jarang terlewatkan.

Setajinya, dodol betawi tiada banyak berbeda dengan dodol-dodol yang lain. Bahan dasar pembuatan dodol betawi diantarnya tepung ketan, santan kelapa dan gula merah. Selebihnya, para pembuat dodol terkadang menambahkan variasi seperti rasa durian misalnya. Wah..jadi mirip lempok durian dong ya…jelas..dodol juga tho.

dodol-betawi-kuliner-jakarta

Rata-rata pembuat dodol betawi ini, melakukan aktivitasnya | usahanya ini (pembuatan dodol betawi) secara turun-temurun. Cara mereka memasarkannya | menjualnya pun terjadi secara berantai atau dari mulut ke mulut.

Dodol betawi biasa dikemas secara sederhana, dodol betawi biasa diletakkan dalam tenong (anyaman bambu, tempat orang menaruh kue). Seiring perkembangan jaman, banyak juga kini dodol betawi yang mulai dikemas dalam kemasan plastik.

Masalah harga, dodol betawi ini juga dijual bervariasi, mulai dari yang bungkus kecil seharga 40-an ribu sampai ada yang dibanderol dengan harga di atas 100 ribu rupiah, ya tergantung berat dodolnya. Para pembuat dodol betawi seringkali menggunakan ukuran kilo dalam memasarkan dodol betawi buatannya.

Pembuatan dodol betawi yang memang memerlukan proses waktu pemasakan yang cukup lama memang –menurut pendapat saya—dengan sendirinya menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan hanya orang-orang yang telatenlah yang kemudian mampu menekuni usaha kuliner ini.

Menjelang lebaran tahun ini, saya punya pengalaman yang tak biasa dibanding lebaran-lebaran sebelumnya. Jika dulu, kantor kami acapkali membagikan parcel lebaran untuk para karyawannya (yang isinya biasanya kue lebaran sampai kain sarung), kini, tidak lagi demikian. Dodol betawi-lah gantinya. Lebaran ini, rekan-rekan kerja satu ruang saya, masing-masing kebagian satu tenong dodol betawi. Ya, sungguh satu tenong dodol betawi, bukan parcel ataupun selembar amplop THR, melainkan dodol betawi penghibur hati, dengan dodol betawi pun lebaran tanpa parcel dan THR saya harap tak kurang afdol.

Emang dasar dodol🙂

Info: Bagi rekan nyang berminat nyobain, syukur-syukur bisa jadi fans-nya dodol betawi ini, bisa pesan dodol betawi ini via sms | telpon ke 0813 1014 8901 atau email ke abu.naufal0312[at]gmail.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: